Back to homepage

Cara Membuat Espresso Menggunakan Rok Presso

Cocok digunakan untuk kopi rumahan atau kedai kopi kecil

Untuk menghasilkan espresso yang baik dan nikmat tidak harus selalu menggunakan mesin espresso yang bagus atau mahal. Ya, Anda bisa menggunakan Rok Presso sebagai alternatif jika tidak memilik budget untuk membeli mesin espresso. Selain budget yang jauh lebih murah dibanding mesin espresso, Rok juga tidak memerlukan daya listrik karena proses pembuatan espresso yang manual yang tentunya ramah lingkungan dan irit listrik.

3Code Coffee yang berdiri pada Maret 2020 dan merupakan kedai grab & go, saat ini juga menggunakan Rok Presso untuk menghasilkan minuman kopi dengan dasar espresso (espresso base).

“Menurut saya jika menggunakan Rok dengan cara yang benar, kualitas espresso yang dihasilkan tidak kalah dengan espresso yang dihasilkan dengan mesin komersial. Tentunya ini cocok bagi kami sebagai kedai kopi baru yang masih merintis. Dan jika pelanggan kami tiap hari nya makin bertambah atau banyak sesuai harapan kami, ya kita ingin juga dong upgrade ke mesin espresso agar bisa serve lebih cepat dan banyak ke pelanggan kita,” terang Owner 3Code Coffee.

Menggunakan Rok Presso Ala 3Code Coffee

Pada kesempatan kali ini Owner 3Code juga memberikan bagaimana cara membuatĀ  espresso menggunakan Rok ala 3Code Coffee. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Flushing, Lakukan setiap awal menggunakan Rok untuk membersihkan Rok sekaligus menghangatkan portafilter. Caranya pasang portafilter dalam keadaan kosong dan lengan Rok pada posisi di bawah. Lalu tuangkan air panas ke dalam chamber Rok. Setelah itu angkat lengan Rok sampai mentok ke atas dan diamkan beberapa detik, kemudian tekan lengan Rok ke bawah berulang kali sampai air tidak tersisa.
  2. Lepas portafilter lalu bersihkan menggunakan kain lap.
  3. Grind Size, giling biji kopi di ukuran halus (fine grind) sebanyak 15 gram. Jika menggunakan Latina 600N ori, pakai grind size 0-1.
  4. Distribution, setelah melakukan grind tuangkan bubuk kopi ke dalam portafilter dan distribusi hingga merata. Jangan sampai terlihat bubuk kopi tinggi sebelah.
  5. Tamping, setelah distribusi padatkan bubuk kopi menggunakan tamper. Jangan terlalu ditekan saat melakukan tamping.
  6. Setelah melakukan tamping, pasang kembali portafilter sampai benar-benar tidak kendur.
  7. Tuangkan air bersuhu 90-95 derajat celcius ke dalam chamber sampai 1cm sebelum chamber terisi penuh. Pada saat menuang air pastikan lengan Rok pada posisi paling bawah.
  8. Angkat lengan Rok sampai posisi paling atas dan diamkan 10 detik untuk memberi celah air mengalir dan membasahi bubuk kopi.
  9. Siapkan timer dan pastikan sloki espresso sudah siap dibawah portafilter yang sudah terpasang di Rok.
  10. Jangan lupa letakan timbangan di bawah sloki untuk menghitung rasio.
  11. Rasio yang 3Code hasilkan yaitu 1:2,5 (sekitar 35-40ml).
  12. Setelah didiamkan 10 detik, nyalakan timer lalu tekan lengan Rok ke bawah sampai mentok secara perlahan dengan tenaga yang kuat untuk menghasilkan tekanan. Jangan kendurkan tenaga selama proses ini dan lakukan proses ini selama 20 detik dan pastikan posisi lengan Rok sudah mentok di bawah saat detik ke 20 agar tidak terjadi over extracted.
  13. Angkat sloki espresso.
  14. Buang sisa air yang masih ada di chamber dan portafilter dengan cara melakukan press ulang lagi. Sisa air yang di press ulang jangan dimasukan ke dalam sloki yang sudah terisi espresso karena ini akan menyebabkan over extracted.
  15. Terakhir bersihkan portafilter dan Rok.

Begitulah kira-kira pembuatan espresso menggunakan Rok Presso ala 3Code Coffee. Masih banyak metode di luar sana dalam pembuatan espresso menggunakan Rok dan tidak ada benar salah dalam pembuatan nya.

Intinya untuk menghasilkan espresso yang baik dan nikmat, ada variabel-variabel yang sangat harus diperhatikan seperti biji kopi yang berkualitas, grind size, dan rasio.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk teman-teman semua.