Back to homepage

Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Kedai Kopi Kecil

Dari biasanya menjual 30 cup per hari, saat pandemi ini rata-rata penjualan hanya 5-10 cup per hari nya.

Kita tidak tahu sampai kapan pandemi covid-19 ini berakhir. Menurut data, jumlah orang yang terjangkit virus ini justru masih terus bertambah setiap harinya meski pemerintah sudah melakukan pembatasan sosial berskala besar.

Yang bisa kita lakukan sekarang adalah bertahan dan melakukan segala aktivitas dari rumah. Lalu, bagaimana dampak pandemi covid-19 bagi pemilik kedai kopi kecil seperti kami?

Kedai kopi kami bernama 3Code Coffee, lokasinya di Bekasi. Saat ini, kami masih berupaya untuk tetap buka dan memenuhi kebutuhan para pecinta kopi melalui platform online.

Kalau ditanya omset kami besar atau tidak sebelum, menurut kami tergolong medium. Maksudnya belum begitu besar tapi juga tidak kecil, cukup untuk membayar karyawan dan juga ada sedikit profit untuk partner.

Kondisi pandemi covid-19 ini pun sangat berdampak bagi kami. Sebelumnya kami bisa menjual sekitar 30 cup per hari, sekarang hanya sekitar 5 sampai 10 cup per hari. Itupun kami sudah mengandalkan online, bahkan rencana kami untuk pindah ruko ke tempat yang lebih strategis harus ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

Saat buka kedai, yang miris adalah akses ke kedai juga agak susah. Jujur saya pribadi takut ke kedai dan tidak bisa mengontrol bagaimana kondisi kedai sekarang seperti stock barangnya dan juga kualitas kopi yang dihasilkan dari barista-barista kami.

Karena setiap kali barista 3Code Coffee bikin espresso, saya pasti melihat prosesnya. Melihat secara dekat bagaimana mereka menjadi membuatnya, bersih atau tidaknya. Meski begitu, saya percaya bahwa mereka bakal bekerja dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh walaupun saya tidak disana.

Saran kami buat para pengusaha lain, tetaplah optimis. Jangan menyerah, tetap manfaatkan media-media yang ada untuk mencoba jualan. Sekecil apapun penghasilan yang didapat, menurut kami itu sudah patut disyukuri.

Untuk keamanan bila kalian masih berupaya membuka layanan, maka sediakan tempat cuci tangan di depan toko dengan sabun untuk cuci tangan. Jadi, ketika ada orang luar datang masuk ke toko kalian – dia diharuskan cuci tangan terlebih dahulu. Dengan demikian, kondisi di dalam kedai kalian tetap aman.

Pun demikian dengan karyawan-karyawan kalian, diharuskan untuk rajin-rajin cuci tangan agar tidak ada virus yang menempel di tangan mereka ketika membuat atau menyajikan sebuah makanan dan minuman.

Kami 3Code Coffee yakin bahwa kondisi pandemi covid-19 yang tak menentu ini pasti bakal berlalu. Kami hanya ingin menyampaikan satu pesan buat para para entrepreneur agar jangan pernah menyerah untuk menghadapi masalah ini. Manusia sedang diuji dan ini adalah cobaan untuk kita semua agar lebih baik kedepannya.